Monday, June 4, 2012

Belajar mengenal sitemaps



by admin | Belajarblog on 11:08 AM, 31-May-12
Sitemap adalah sebuah halaman sederhana yang sengaja di buat untuk menginformasikan kepada search engine ( Google,Yahoo misalnya ) berisi tentang halaman-halaman pada situs mereka yang bisa di-crawl (telusur) mesin pencari. Pada umumnya bentuk paling sederhana Sitemap adalah berupa file XML yang berisi daftar URL sebuah situs beserta meta datanya masing-masing. Meta data misalnya : kapan terakhir di perbaharui atau seberapa sering URL biasanya berubah serta tingkat relatif keutamaannya terhadap URL lainnya. Dengan meta data ini akan membantu memudahkan search engine untuk membaca dan menge-crawl semua halaman situs. Robot Crawler akan menemukan halaman sebuah situs dari link-link yang ada di dalam situs itu sendiri (seo on page), atau dari situs yang lain(seo out page). Sebuah Sitemap menyediakan data-data link itu dan mengijinkan crawler yang untuk menjelajah semua URL yang ada di dalamnya, lalu menganalisa masing-masing URL tersebut dengan menggunakan meta data yang menyertainya menggunakan protocol Sitemap yang berlaku. Penggunaan Sitemap juga disarankan mengacu pada dasar-dasar SEO , seperti telah saya tulis di salah satu Tips cepat diindex Google .
Sitemapas ini akan sangat berguna bagi situs website/blog dimana
  • Bagi Situs yang mempunyai content yang dinamis / selalu berubah. Seperti blog misalnya.
  • Bagi Situs yang mempunyai halaman-halaman yang susah ditemukan oleh search engine pada saat dia crawling. Misalnya ; halaman yang banyak AJAX-nya, atau Flash.
  • Situs yang baru dan cuma punya sedikit link ke kita. Seperti kita tahu, crawler search engine menjelajah web dengan mem-follow link dari page satu ke page lainnya . Jadi, semakin sedikit jumlah link ke situs kita, semakin sulit pula si crawler menemukan situs kita.
  • Situs yang mempunyai arsip konten yang sangat besar tapi tidak saling link dengan baik, atau bahkan tidak sama sekali.
  • Sitemap juga dapat kita gunakan untuk memberikan tambahan informasi tentang halaman kita kepada search engine, misalnya:
  1. *. Seberapa sering halaman situs kita berubah. Contoh : kita mungkin meng-update halaman kita tentang produk setiap hari, tapi halaman About Me cuma 6 bulan sekali.
  2. *. Tanggal terakhir halaman di modifikasi.
  3. *. Tingkat keutamaan relatif dari halaman-halaman di situs kita.
Sitemap memberikan tambahan informasi tentang situs kita kepada search engine untuk menyempurnakan metode crawling-nya yang standar. Harapannya adalah, Sitemap akan membantu search engine menemukan situs kita lebih cepat dan dalam waktu yang tepat. Namun, pemakaian Sitemap tidak menjamin semua URL di Sitemap kita akan diindeks search engine.
itulah sedikit ulasan saya tentang sitemaps semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment