Monday, June 4, 2012

Bulukumba


Bulukumba


Butta Panrita Lopi, begitu semboyan dan julukan kotabulukumba. Butta panrita lopi yang berarti "Bumi Pembuat Kapal (pinisi)" tersebut terletak di ujung paling selatan Semenanjung Sulawesi Selatan. Sangat mudah menemukan bulukumba di peta, cukup lihat alas kaki sebelah kiri pulau sulawesi.
Bulukumba bisa dicapai dengan kendaran bermotor dengan jarak tempuh sekitar 153 km dari selatan kota Makassar, dan dengan panjang perjalanan sekitar 4-5 jam.
Bulukumba dianugrahi alam yang indah dan menyimpan keajaiban menawan tersembunyi di pantai dan bawah lautnya. Bahkan berinteraksi dengan wajah-wajah baru masyarakat setempat yang berbudaya maritim adalah hal yang akan sangat berkesan bagi Anda nantinya.

Kenapa Bulukumba diberi julukan "Butta Panrita Lopi"?. Jawabannya sederhana, karena sejak dahulu, masyarakatBulukumba memang memiliki keahlian sebagai pembuat ulung kapal layar pinisiyang merupakan kebanggaan orang Bugis. Hingga saat ini keterampilan mereka bahkan didengar dan dihargai oleh berbagai pihak dari mancanegara. Menurut naskah kuno “I La Galigo”, kapal layar pinisi sudah menjadi tradisi sejak abad ke-14. Kapal layar tradisional tersebut sebagian besar dibuat didaerah yang disebut Tanah Beru, terletak sekitar 23 km dari ibukota Bulukumba.

Di sepanjang bibir pantai Tanah Beru, Anda akan melihat puluhan dermaga tempat di mana kapal layar pinisi dibuat oleh tangan-tangan handal bermodalkan ilmu kearifan lokal yang diwariskan. Tangan terampil orang Bugis dengan jiwa seni yang luar biasa membangun kapal layar pinisi sehingga menjadi ikon pelaut Indonesia.

Kapal layar Pinisi dikonstruksi menggunakan peralatan tradisional dengan teknik tradisional yang sudah di wariskan dari generasi ke generasi. Pembagunan kapal layar ini tidak hanya menggunakan kekuatan dan teknik semata. Penduduk setempat percaya, kekuatan supranatural juga berada dibalik pembangunan kapal megah tersebut. Di setiap tahap pembuatanpinisi memerlukan ritual dan upacara yang harus dipatuhi.

No comments:

Post a Comment